Search This Blog

Saturday, September 24, 2016

Cara unik pasang Crankshaft alias Kruk as

Bongkar pasang krukas akan terasa sangat mudah, terutama bagi seorang mekanik yang memiliki peralatan lengkap di bengkelnya. Kalau untuk newbie macam saya ini, yang tentunya ora nduwe peralatan memadai, proses belah mesin adalh kegiatan yang sangat melelahkan. sabar jadi menu wajib karena semua dikerjakan secara manual tek tek tek..

OK langsung saja ceritanya.... ide iseng ini muncul ketika saya lagi restorasi mesin Blitz. biasanya pasang krukas ke crankcase kanan langsung plung gitu aja eh kali ini harus meres otak karena gak bisa main getok lagi :-( . (soale nglepasnya saya getok pake palu 5kg + alas kayu di shaft sebelah kanan) kebetulan ngerjainya pas malem malem (nunggu bocah bocah pada tidur dulu hahaha biar gak pada gangguin)
Teringat dulu waktu masih aktif mainan nitrogen cair, di PT.PAL surabaya waktu masukin pasak besi harus di celup dulu ke cairan nitrogen.. mak cesssss itu batang besi yang semula gak bisa masuk, langsung Zlebb...!!! gitu aja,
Sambil senyum senyum sendiri, itu kruk as saya masukan ke Frezer... hehehe kalau ketahuan bini pasti diomelin, untungnya semua udah pada merem hahaha aman dah.

Eskrim nya saya masukin frezer jam 11an malem


Pagi jam 6an saya keluarin dari frezer


Bim salabim krukas+bearing nyemplung ke rumahanya tanpa hambatan


Paginya buru buru saya keluarin dari frezer dan hasilnya mak Plunggg... kruskas pun masuk ke tempatnya tanpa ada hambatan sedikitpun. tunggu beberapa saat... tuh krukas udah gak bisa ditarik lagi alias udah rapet. 

moga menambah wawasan bagi yang belum tahu. kadang ide aneh bisa memudahkan pekerjaan kita hahaha
selamat mencoba membuat eskrim cap Crankshaft ....

monggo pecinta Kaze dan Blitz diramein groupnya Group KBL facebook